DeltaWASP 4070: 3D Printer Industri Yang Memiliki Ruang Cetak Panas

Pengusaha pabrik WASP Italia merilis 3D printer industri terbaru yaitu DeltaWASP 4070. Seperti perusahaan WASP sudah jelaskan bahwa printer ini sebuah terobosan yang memiliki model terbaru dan menjadi pelopor sebagai 3D printing yang bergaya delta-style. Tipe 3D printer terbaru ini sebenarnya adalah sebuah pembaruan Delta 4070 yang keluar pada tahun 2013.

DeltaWASP

DeltaWASP

Dengan diluncurkannya DeltaWASP 4070 WASP yang menjadi mesin industri terbaru menunjukkan keseluruhan perbaikan yang telah dilakukan. Satu perbaikan yang menonjol adalah ruang printer yang bisa dipanaskan hingga 65°C dengan sistem resirkulasi udara untuk suhu seragam yang materialnya bersifat teknis seperti logam (menggantikan kayu dan plastik). Pembaruan material juga dilakukan yaitu material baja mampu digunakan sebagai material pengganti polycarbonate. Sebuah sistem baru yang ketahanannya memungkinkan suhu cetak lebih tinggi dan bisa mencapai 32 bit (naik dari 16 bit).

3D printer terbaru ini memiliki keunggulan tersendiri yaitu konektivitas WiFi-nya sebagai pemantau dan pengendali jarak jauh. Keunggulan lainnya adalah ruang di dasar mesin dimodifikasi menjadi anti lembab sehingga menjaga filament tetap kering dan aman. Selain itu mesin ini juga memiliki sensor keamanan yang berguna sebagai penghenti sementara disaat proses pencetakan berlangsung. Tujuan sensor keamanan ini bertujuan untuk memberhentikan proses pencetakan ketika mesin terbuka atau terganggu. Kemudian proses pencetakan dilanjutkan kembali ketika mesin 3D printer tersebut ditutup. Sistem Resurrection atau Free Zeta dapat diandalkan agar printer kembali menyala dan berjalan ketika suatu waktu mesin tiba-tiba berhenti mencetak karena terdapat gangguan atau masalah lainnya.

DeltaWASP

DeltaWASP

Perusahaan WASP mencatat spesifikasi dan melakukan pengukuran sendiri dengan menggunakan nosel diameter 0.7 mm tunggal. Dilansir dari laman 3ders.org berikut adalah kedua spesifikasi 3D printer industri DeltaWASP:

Specifications for DeltaWASP 4070 Industrial

Dimensions 85 x 77 x 195 cm
Weight 90kg
Power supply 29V industrial power supply
Frame and cover materials are aluminum and polycarbonate
Print bed material is Reboard Aluminium
Movements are Nylon wheels on aluminum slides
Max print volume 400 x 700 mm (Ø x h)
Minimum layer height max 50 micron
Max printing speed 300 mm/s
Max travel speed 300 mm/s
Acceleration 5.000 mm/s2
Max heated bed temperature 110 °C

Spesifikasi lainnya seperti volume bangunan yang berukuran 400x700mm (Ø x h) dan tinggi lapisan minimumnya adalah 50 mikron. Proses printing juga diperkirakan memiliki maksimum kecepatan jalannya 300mm/s dan percepatan 5.000mm/s2. Meja kerja yang menjadi tempat cetak memiliki suhu yang bisa mencapai 135°C. Disamping itu terdapat beberapa material yang kompatibel dengan DeltaWASP 4070 yaitu filament ABS dan  PLA. Contoh yang lainnya adalah ASA dan Flex. Polypropylene dan Nylon juga menjadi filament yang kompatibel sebagai material printer tersebut dan masih banyak lagi.

Jadi 3D printer baru dari Italia yang diciptakan oleh pabrik WASP ini sudah tersedia dalam dua versi yang berbeda. 3D printer sebelumnya yang menjadi versi pertama dilengkapi dengan Spitfire Red Extruder standar dan Spitfire LT Cartridge dengan nosel baja berdiameter 0.7 mm (WASP menentukan bahwa juga memungkinkan untuk memilih HT Spitfire yang dapat mencapai suhu hingga 350°C). Lalu versi terbarunya hadir dengan ZEN Dual Extruder dan dua Zen LT Cartridges yang masing-masing bernozel 0.7mm. Hal tersebut memungkinkan pengguna dapat memilih antara pencetakan mono atau dual extrusion.

Negara Indonesia berkemungkinan besar memiliki inovator-inovator yang mampu menghasilkan suatu inovasi dengan mesin 3D printer seperti ini. Kini Indonesia sudah memiliki suatu lembaga yang menyediakan program edukasi untuk anak-anak yang ingin mempelajari 3D Printing. Lembaga tersebut berada di Jakarta dan bernama Inspira Academy. Klik disini untuk info lebih lanjut atau silahkan langsung berkunjung ke Innovation Center Inspira Academy di Mall Of Indonesia, Jakarta Utara.

Sumber:

Tess. 15 Januari 2018. Introducing new and improved DeltaWASP 4070 Industrial 3D printer series with heated chamber. Diakses di http://www.3ders.org/articles/20180115-introducing-new-and-improved-deltawasp-4070-industrial-3d-printer-series-with-heated-chamber.html

You may also like...