Indonesia akan memiliki 3D Printing Center terbesar

Jakarta, 4 April 2018

Bertepatan dengan peluncuran acara Making Indonesia 4.0 yang diresmikan oleh Presiden Jokowi di JCC Rabu lalu, dimana Presiden menekankan 3D printing di dunia Industri 4.0. Klix3D selaku pelopor 3D printing di Indonesia berkomitment untuk membuka fasilitas 3D Printing center terbesar di Indonesia di tahun 2018 ini, klix3D menyebutnya sebagai Digital Manufacturing & Design Center.

Adapun detil dari Digital Manufacturing & Design Center menurut Sugianto, direktur klix3D. Fasilitas ini akan memiliki berbagai 3D scanner dan 3D printer Industri mulai dari 3D printer presisi untuk prototipe sampai dengan mesin cetak 3D dengan kemampuan warna dan multi materi seperti karet sintetis, ABS, transparan dan lain-lain. Namun keungullan dari fasilitas baru ini adalah dengan adanya mesin cetak 3D kelas produksi yang dapat mencetak 3D berbahan plastik dengan harga yang sangat ekonomis. Ditambah juga jasa bantu rancang “Design for Digital Manufacturing”, jasa ini akan sangat membantu perusahaan dan wirausahawan baru untuk merealisasikan ide produk mereka.

Menurut Sugianto, banyak sekali wirausahawan di Indonesia yang memiliki ide cemerlang untuk menciptakan produk, namun mereka memiliki kemampuan desain industri yang terbatas. Ditambah lagi produksi menggunakan cara tradisional seperti milling dan injeksi plastik memerlukan investasi dan komitment dengan nilai yang besar, minimal ratusan juta rupiah. Namun dengan menggunakan digital manufacturing, klix3D dapat membantu mendesain dan membuat prototipe dengan investasi dibawah sepuluh juta. Setelah prototipe, digital manufacturing juga dapat membantu memproduksi dimana produk plastik dapat langsung “dicetak” tanpa melalui “molding” sehingga komitment dan investasi “molding” yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah bisa ditiadakan. Komitment untuk digital manufacturing adalah satu unit menurutnya.

Investasi Digital Manufacturing Center ini disinyalir memakan jutaan dolar Amerika dan akan diselesaikan sebelum akhir tahun 2018. Ditambahkan juga pihak klix3D sedang berdiskusi dengan beberapa investor dan perusahaan modal ventura untuk menambah modal dan kemampuan seperti cetak 3D metal, sand-cast, dan cetak 3D ukuran diatas 1 meter untuk memenuhi kebutuhan perusahaan otomotif di Indonesia.

Selain fasilitas mesin dan jasa diatas, klix3D juga akan menyelenggarakan berbagai workshop dan pendidikan untuk membantu Indonesia memasuki era industri 4.0.

Kita tunggu, mudah-mudahan Industri, wirausahawan, dan pencipta Indonesia dapat dibantu dengan adanya fasilitas kelas dunia ini di Indonesia.

Sebagian sumber berita diambil dari klix3D

You may also like...