Tangan Prostetik Cetak 3D Berbentuk Robot Dengan Biaya Rendah

Nampaknya teknologi 3D printing di dunia kedokteran semakin terus berkembang. Hal itu ditunjukkan dengan adanya sekelompok mahasiswa dari Universitas Manchester menyalurkan ketertarikannya menggunakan teknologi tersebut. Mereka menggunakan teknologi 3D printing untuk membuat suatu alat prostetik. Tujuan alat prostetik adalah untuk menjadi alat bantu yang digunakan pada bagian tubuh yang sudah tidak mampu berfungsi secara maksimal. Mereka menciptakan tangan buatan yang dicetak 3D sebagai alat prostetik dan mesin geraknya berbasis robotik. Kabarnya tangan prostetik yang dicetak 3D ini ternyata dapat berfungsi dengan baik. Dilansir dari laman 3ders.org bahwa alat prostetik tersebut dapat menunjukkan berbagai fungsi sesuai harapan penggunanya. Di dalam tangan prostetik ini diketahui bahwa setiap jarinya memiliki kemampuan untuk melakukan gerakan. Kemampuan tangan yang berbasis robotik ini tidak kalah bagusnya dari alat-alat prostetik lainnya. Tangan prostetik tersebut memiliki kemampuan yang menyerupai tangan asli. Dari tangan yang berbasis robotik tersebut akhirnya pengguna dapat melakukan apa yang ingin dilakukan.

prostetik

Tangan Prostetik (image: 3ders.org)

 

Tangan prostetik berbasis robotik ini dikontrol oleh sensor otot yang dapat ditempatkan di lengan penggunanya. Lengan hingga jari-jari akan merespon tindakan yang sesuai saat pengguna menggerakkan otot lengannya untuk suatu gerakan tertentu. Pengaturan sederhana namun canggih ini terhubung ke aplikasi smartphone dan juga dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth. Aplikasinya memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan fungsionalitas tangan prostetik cetak 3D mereka.

Selain pengguna dapat memegang dan menangkap suatu benda dengan tangan tersebut mereka juga dapat melakukan aktivitas yang rumit. Makan dengan memakai pisau dan garpu adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan. Menggunakan komputer dan smartphone juga aktivitas lainnya yang bisa dikerjakan. Tim dari Universitas Manchester telah menciptakan benda inovatif yang sangat berguna dengan memasang harga yang lebih terjangkau. Benda berbasis robotik yang dibuat melalui teknik 3D printing ini hanya memasang harga di bawah $500. Dilansir dari laman 3ders.org tangan prostetik itu hanya seharga $430. Melihat benda tersebut sangat berguna untuk orang yang membutuhkan dan mampu berfungsi dengan baik tampaknya harga tersebut tidak termasuk tinggi. Hal ini dikarenakan alat-alat prostetik biasanya dijual dengan harga di atas $500.

prostetik

Tangan Prostetik (image: 3ders.org)

Tidak hanya biaya rendah yang sudah tim Universitas Manchester prioritaskan dalam tangan prostetik ini. Mereka juga berharap tampilan yang mereka desain membuat orang-orang benar-benar menyukainya. Sehingga pengguna tidak akan merasa malu pada saat memakainya. Tidak sedikit alat-alat prostetik yang penggunaannya terlihat tidak praktis dan terasa menjadi beban. Ditambah lagi harganya yang sangat mahal. Oleh karena itu sekelompok mahasiswa tersebut terinspirasi untuk mendesain dan membuat perbedaan. Sehingga tangan prostetik cetak 3D ini akan menjadi suatu barang yang dapat dikomersilkan dan pilihan yang tepat bagi para penggunanya.

 

Sumber:

Tess. (29 Maret 2018). Manchester students 3D print robotic prosthetic hand for under $500. Diakses di http://www.3ders.org/articles/20180329-manchester-students-3d-print-robotic-prosthetic-hand-for-under-500.html

You may also like...