First custom 3D Printed Jacket designed by Danit Peleg

3D Printed Jacket

                                                        3D Printed Jacket

Perintis fashionista menjadi semakin bersemangat sejak 3D Printing semakin sering memberikan manfaatnya pada dunia fashion. Dengan penggunaan teknologi 3D Printing untuk merevolusi desain dan produksi garmen, Danit Peleg mencapai tonggak industri utama yaitu menciptakan pakaian yang dibuat dengan mesin 3D Print. Bagi para 3D Arts maniak dan fashionista, pakaian 3D Print ini dapat dianggap sebagai suatu karya fenomenal yang pernah ada. So, ladies and gentlemen, 3D Printed Jacket! Bomber-style jacket yang diciptakan oleh Danit Peleg ini terbuat dari material khusus yaitu rubber-like. Jenis material ini memang di dalam dunia 3D Printing merupakan suatu material yang unik dibandingkan material lainnya. Itu dikarenakan material rubber-like lebih fleksibel atau elastis. Danit Peleg menciptakan jaket 3D Print-nya dengan cara mengombinasikan rubber-like pada lapisan kainnya. Jaket 3D Print ini juga bisa dipersonalisasi dengan ukuran pelanggan dan preferensi wanita namun pakaian sensasional ini hanya akan diproduksi secara terbatas.

3D Printed Jacket

                                                3D Printed Jacket

Dengan mengeksklusifkan jaket 3D Print tersebut, ternyata harga yang ditawarkan menjadi lumayan mahal sekitar $1500. Danit Peleg mengklaim bahwa mengingat waktu dan bahan yang dibutuhkan untuk produksi sepertinya itu harga yang wajar. Mungkin bagi para 3D Arts maniacs dan fashionista juga tidak masalah membayar sedikit ekstra untuk memakai sepotong sejarah 3D Printing.

Pada proses pembuatan jaket 3D Print ini Danit Peleg menggunakan sebuah program inovatif yaitu aplikasi Nettelo. Perangkat lunak khusus yang memungkinkannya untuk melakukan sesi penyesuaian ukuran secara pas. Danit Peleg menghabiskan waktu sekitar 100 jam untuk sekali produksi. Ia memperkirakan bahwa jika teknologi semakin maju dan lebih banyak lagi yang menerapkan 3D Printing, pakaian 3D Print dapat memakan waktu kurang dari satu hari.

3D Printed Jacket

                                        3D Printed Jacket

Danit Peleg menggunakan filamen fleksibel dan elastis yang diproduksi oleh perusahaan 3D Printing dari Spanyol, Filaflex. Material tersebut digunakan untuk menjadi bahan lapisan jaket 3D Print-nya. Perusahaan filament tersebut saat ini juga menguji gagasan pengembangan pabrik khusus 3D Printing untuk desain busana dan produksi bahan pakaian. Mungkin Filaflex bergerak di bidang tersebut karena mereka terinspirasi dari Danit Peleg. Karena Peleg mengatakan bahwa untuk mendorong kemajuan teknologi, Anda harus melakukan sesuatu. Ia menginformasikan bahwa untuk pemesanan jaket 3D Print-nya akan tersedia melalui situs web: https://danitpeleg.com/

 

Sumber:

David. (28 Juli 2017). Buy your own 3D printed garment online: Danit Peleg releases first custom 3D printed jacket. Diakses pada http://www.3ders.org/articles/20170728-buy-your-own-3d-printed-garment-online-danit-peleg-releases-first-custom-3d-printed-jacket.html

You may also like...